Jumat, 15 Desember 2017

CANDI GEBANG YANG TERSEMBUNYI


SEJARAH SINGKAT DAN LETAK CANDI GEBANG
Candi Gebang terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Gebang memiliki luas 27,56 m2 dan menempati sebuah lahan seluas 2.260 m2.
Candi Gebang ditemukan pada tahun 1936 oleh penduduk setempat. Awal ditemukannya Candi Gebang yaitu berupa Arca Ganesha. Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Jawatan Purbakala untuk melakukan penelitian dan penggalian lebih lanjut. Hasil dari penelitian tersebut yaitu bahwa Arca Ganesha tidak berdiri sendiri melainkan sebuah bagian dari suatu bangunan. Adapun, dari hasil penggalian juga ditemukan beberapa bagian candi. Sejak saat itu, dilakuakan pemugaran Candi Gebang pada tahun 1937 sampai 1939 dan dipimpin oleh DR. Ir. V.R. Van Romondt.
AKSESIBILITAS
Berkaitan dengan kendaraan yang dapat digunakan untuk menuju tempat tersebut, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu, masyarakat yang hendak berkunjung ke Candi Gebang juga dapat menggunakan jasa kendaraan melalui pesan online. Namun, terkait jalur menuju ke tempat tersebut cukup membuat kita yang akan berkunjung menjadi bingung. Walaupun, tempat tersebut sudah tersedia di Google Maps, sedikit sulit mencari tempat tersebut karena letaknya yang berada di pedesaan dan cenderung minim penunjuk jalan.
AMENITAS
Amenitas atau fasilitas yang ada di Candi Gebang berupa toilet umum, papan informasi, tempat parkir, dan tempat duduk di bawah pohon. Tempat parkir yang disediakan pun tidak terlalu luas. Apabila pengunjung merasa haus, terdapat warung milik warga yang jaraknya sekitar 500 meter dari tempat tersebut. Terlepas dari detail amenitas tersebut, biaya masuk ke Candi Gebang sangat terjangkau yaitu Rp 5.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

ATRAKSI

Terlepas dari asksesibilitas dan amenitasnya, candi gebang memiliki beberapa atraksi. Pertama dan yang paling utama adalah bangunan candi itu sendiri. Candi tersebut sangat terawat dan tidak ada kerusakan yang siginifikan. Selain itu, tanaman sekitar candi juga terawatt sehingga menambah keindahan candi tersebut. Kedua adalah atraksi alam. Udara di sekitar Candi Gebang sangat sejuk dan suasananya tenang. Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung dan sekadar mencari ketenangan, Candi Gebang adalah tempat yang sangat cocok. Letak candi yang dikelilingi kebun yang luas juga menambah keasrian lingkungan dan kesejukan udara di kawasan Candi Gebang. 

1 komentar:

Blogger templates

Kelana Wisata

Kelana Wisata