Jumat, 15 Desember 2017

PESONA CANDI SAMBISARI


SEJARAH SINGKAT
Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Candi tersebut ditemukan secara tidak disengaja. Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 pada saat seorang petani mencangkul tanah milik seseorang yang bernama Karyowinangun dan tiba – tiba cangkulnya membentur reruntuhan batu candi. Berita tentang penemuan candi tersebut terdengar sampai Kantor Arkeologi di Prambanan sehingga kawasan tersebut diamankan. Penemuan tersebut menyebabkan adanya penggalian lebih lanjut dan rekonstruksi dan selesai pada tahun 1987.
AKSESIBILITAS
Aksesibilitas menuju candi tersebut cukup mudah. Walaupun, candi tersebut terletak di dalam suatu dusun atau desa. Masyarakat yang hendak mengunjungi tempat ini dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Tidak perlu khawatir, disekitar candi tersebut sudah terdapat beberapa tempat parkir yang dikelola oleh masyarakat dusun tersebut. Selain itu, apabila kita tidak memiliki kendaraan pribadi, kita juga dapat menggunkan jasa Ojek Online ( Go-Jek, Go-Car, Grabbike, dll ) untuk bisa sampai ke tempat tersebut. Adapun, candi sambisari sudah tersedia di Google Maps sehingga kita tidak akan tersesat apabila berangkat sendiri.

AMENITAS
Amenitas atau fasilitas yang ada di Candi Sambisari cukup banyak. Di dalam wilayah candi terdapat mushola kecil, kantor pusat informasi, tempat sampah yang tersebar di beberapa titik, papan informasi tentang Candi Sambisari, dan terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dan tanpa dikenakan biaya. Untuk amenitas di luar wilayah candi, terdapat tempat parkir, toilet umum, dan warung makan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir apabila merasa lapar. Setelah membahas detail amenitas, banyak orang yang bertanya tentang biaya masuk ke Candi Sambisari. Biaya masuk ke tempat tersebut sangat terjangkau yaitu Rp. 5.000,00 untuk turis lokal dan Rp. 10.000,00 untuk turis mancanegara.

ATRAKSI
Atraksi yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu arsitektur relief dan candi yang sangat bagus. Terdapat beberapa bagian candi dan memiliki bentuk yang berbeda – beda. Hal tersebut sering dijadikan objek fotografi atau videografi bagi para pengunjung candi tersebut. Selain itu, terdapat atraksi alam dimana udara di sekitar candi Sambisari cukup sejuk. Namun, apabila cuaca sangat cerah akan terasa panas.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Kelana Wisata

Kelana Wisata