Jumat, 15 Desember 2017

PESONA BLUE LAGOON


Sejarah Blue Lagoon
Pada awalnya, blue lagoon merupakan sebuah sungai yang airnya berasal dari mata air yang terletak di sekitar wilayah tersebut. Di sekitar sungai tersebut terdapat tiga mata air yang sekaligus menjadi sumber air bagi warga setempat. Para warga memberi nama sumber air tersebut yaitu Sendang wadon, Belik Kluwih dan Sendang Lanang. Pada zaman dahulu, sendang wadon merupakan tempat pemandian bagi para penduduk wanita desa Dalem, Widodomartani dan berupa sebuah bilik yang berada di kolam kecil. Sementara itu, bagian Belik Kluwih dan Sendang lanang berupa pancuran dengan air yang berasal dari dinding yang berada di tepi sungai / kali. Pancuran air Belik Kluwih membentuk sebuah kedung atau kubangan sedangkan Sendang Lanang membentuk kolam kecil.
           
            Nama asli dari tempat pemandian tersebut adalah pemandian Tirta Budi. Nama blue lagoon hanyalah sebutan dari para pengunjung awal dibukanya tempat pemandian tersebut. Pada saat tempat pemandian tersebut baru saja dibuka, ada beberapa mahasiswa dari STMIK AMIKOM datang ke tempat tersebut dan memberi nama blue lagoon karena airnya yang bersih, jernih, dan berwarna kebiruan. Tempat pemandian tersebut sudah dibuka sejak 2 tahun yang lalu sejak diresmikan dan sampai saat ini jumlah pengunjungnya terus bertambah. Tempat wisata tersebut buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.
AKSESIBILITAS MENUJU BLUE LAGOON
            Akses menuju tempat pemandian Tirta Budi atau yang disebut dengan blue lagoon sangat mudah. Blue lagoon terletak di Desa Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Transportasi yang dapat digunakan untuk sampa ke lokasi tersebut dapat menggunakan motor atau mobil dan pada tempat tersebut juga sudah tersedi tempat untuk parkir. Jika akan menuju tempat wisata tersebut, rute yang dilalui yaitu Jalan Kaliurang KM 13 ( daerah Desa Mbesi ) => berbelok ke arah timur melewati Jalan Mbesi – Jangkang => Ketika ada bank BPD DIY atau Apotek Amira, berbelok ke arah selatan sekitar 300 meter => Kemudian, jika terdapat penunjuk jalan ke arah blue lagoon, ikuti penunjuk jalan tersebut sekitar 500 meter. Sampailah pada tempat pemandian Tirta Budi atau blue lagoon.


AMENITAS PADA OBJEK WISATA BLUE LAGOON
            Menurut Lawson dan Bovy, amenitas adalah semua bentuk fasilitas yang memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk segala kebutuhan selama tinggal atau berkunjung pada suatu daerah tujuan wisata seperti hotel, motel, restaurant, bar, discothques, cafĂ©, shopping center, dan souvenir shop. Berkaitan dengan tempat pemandian Tirta Budi atau blue lagoon, pada tempat tersebut juga terdapat banyak fasilitas. Beberapa fasilitas yang ada di blue lagoon yaitu ruang ganti atau kamar mandi, tempat ibadah ( mushola ), lahan parkir, warung makan, penyewaan berbagai macam peralatan untuk berenang ( kacamata renang, pakaian renang ), dan penyewaan kamera untuk yang memiliki hobi fotografi atau sekedar berfoto. Penyewaan peralatan tersebut juga miliki varian harga yang berbeda – beda. Terlepas dari fasilitas peralatan yang ada, dengan hanya membayar biaya tiket masuk Rp 5.000,00 dan retribusi parkir Rp 2.000,00, para wisatawan sudah dapat menikmati birunya air blue lagoon dan sejuknya udara di sekitar tempat wisata tersebut.
            Pada bagian awal sudah dijelaskan bahwa di tempat tersebut juga tersedia fasilitas warung makan. Harga makanan dan minuma pada warung – warung tersebut relatif murah hanya sekitar Rp 2.000,00 – Rp 10.000,00 yang otomatis cocok bagi kantong pelajar dan mahasiswa. Warung – warung tersebut merupakan milik warga dan sekaligus dikelola oleh para warga sekitar tempat wisata blue lagoon.
            Selain itu, pada tempat pemandian tirta budi atau blue lagoon juga tersedia fasilitas penginapan berupa homestay milik warga sekitar dengan tarif sekitar Rp 350.000,00 per malam. Wisatawan yang hendak menginap juga diberi keleluasaan untuk memilih homestay yang sesuai.

ATRAKSI DAN KEUNIKAN PADA OBJEK WISATA BLUE LAGOON

            Pada tempat pemandian Tirta Budi, terdapat beberapa keunikan dan atraksi yang dapat dinikmati. Keunikan tempat pemandian Tirta Budi atau blue lagoon yaitu pada saat musim kemarau panjang, sungai atau kali pada tempat pemandian tersebut tidak akan kering. Sehingga, para warga tidak kesulitan dalam mencari sumber air. Kedua, air pada tempat pemandian tersebut sangat jernih dan berwarna kebiruan. Hal ini dikatakan unik karena jarang ditemui air yang berada di sungai atau kali bisa berwarna kebiruan. Ketiga, ekosistem yang ada di sekitar blue lagoon masih sangat terjaga dan terdapat larangan menangkap ikan yang ada di sungai tersebut. Untuk bagian atraksi, para wisatawan dapat menikmati salah satu jenis atraksi yaitu atraksi natural atau berupa keindahan alam yang masih asri dan terkadang terdapat wisatawan yang melakukan lompat back flip ketika hendak berenang di bagian kedung blue lagoon. 


0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Kelana Wisata

Kelana Wisata